Senin, 02 Mei 2011

Kanker Prostat


Kanker prostat adalah suatu tumor ganas dari kelenjar prostat , letaknya dibawah kandung kencing, dan mengelilingi bagian atas saluran kencing.
“Bila terdapat kanker dalam prostat, kanker tersebut dapat menyebar melalui sistem limfatik (getah bening) ke bagian tubuh lainnya seperti tulang dan paru- paru. Kanker prostat merupakan kanker nomor 3 tersering pada pria Singapura,” menurut Dr. Fong Yan Kit, ahli Bedah Urologi di Raffles Surgery Centre.
Kanker prostat stadium awal tidak menunjukkan tanda atau gejala tetapi masih bisa diobati. Seperti halnya deteksi dini terhadap kanker prostat sangat diperlukan. Untuk mengurangi risiko kanker prostat, pasien diharapkan tetap dalam kondisi sehat dan mengurangi berat badan seperti halnya pada obesitas yang secara mental lebih tinggi risiko kanker prostat. Ditambahkan, beberapa obat dan makanan menunjukkan dapat menurunkan risiko, termasuk proscar, vitamin E, selenium, tomat and produk gandum.
Berbeda dengan tindakan pembedahan, pengobatan dengan radiasi dan kemo terapi, terapi hormon dapat juga digunakan untuk pengobatan kanker prostat yang tumbuh setelah pembedahan dan terapi radiasi atau untuk mengecilkan tumor sebelum dilakukan pembedahan dan terapi radiasi.
“Menurunnya kadar hormon sex pria akan memperlambat pertumbuhan kanker,” demikian dikatakan Dr. Gilberto Lopes, Spesialis Onkologi Medis di Raffles Cancer Centre. “Terapi hormonal dapat dilakukan setelah pembedahan atau dengan obat-obatan akan tetapi hal itu dapat menimbulkan berbagai efek samping.”
Dr. Wu Yue, Terapis Senior TCM (Traditional Chinese Medicine) dari Raffles Chinese Medicine menangani pasien–pasien kanker prostat dengan menggunakan herbal untuk membantu pengobatan biomedikal untuk kanker prostat . 
Hal ini dilakukan melalui 3 cara pendekatan:
  1. Mengganti kerusakan akibat efek samping radiasi dan kemo terapi.
  2. Memperkuat sistim kekebalan tubuh pasien yang lemah setelah mendapat pengobatan biomedikal.  
  3. Membantu mengurangi masa tumor, mempersingkat waktu pasien yang mendapat pengobatan radiasi atau kemoterapi.

Faktor-faktor risiko kanker prostat

  • Usia
  • Ras/etnis (orang Amerika & Indian)
  • Riwayat keluarga  
  • Makanan
  • Hormon

Gejala-gejala kanker prostat

  • Sering berkemih, atau aliran urin yang lemah atau tersendat. Nyeri atau rasa terbakar selama berkemih atau adanya darah dalam urin.
  • Sering berkemih terutama pada waktu malam.
  • Gejala berbeda bila kanker telah menyebar: nyeri pinggang, penurunan berat badan dan kelelahan.
Catatan: Gejala–gejala kanker prostat tidak khas dan disebabkan oleh adanya pembesaran prostat.

Deteksi dini kanker prostat

  • Tes PSA (Prostate-Specific Antigen)
  • Tes DRE (Digital Rectal Examination)
  • Diskusi hasil tes dengan dokter anda.







Tidak ada komentar:

Posting Komentar